PERILAKU KONSUMEN
1. Pengertian Perilaku Konsumen dan Cakupan Ilmu Perilaku
Konsumen
Pengertian
Perilaku Konsumen
Perilaku
Konsumen didefinisikan sebagai perilaku yang menampilkan konsumen dalam
mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memakai produk dan jasa yang
mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan pribadi mereka. Studi tentang perilaku
konsumen adalah studi tentang bagaimana individu membuat keputusan untuk
menghabiskan sumber daya yang tersedia (uang, waktu dan usaha) pada produk dan
jasa. Perilaku konsumen meliputi keputusan mental dan tindakan fisik yang
timbul dari keputusan tersebut.
Konsumen
adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam
masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun
makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Jika tujuan pembelian produk
tersebut untuk dijual kembali, maka dia disebut pengecer atau distributor. Pada
masa sekarang ini bukan suatu rahasia lagi bahwa sebenarnya konsumen adalah
raja sebenarnya, oleh karena itu produsen yang memiliki prinsip holistic
marketing sudah seharusnya memperhatikan semua yang menjadi hak-hak konsumen.
Perilaku
Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar,
menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan
memuaskan kebutuhan mereka.
Pemahaman
akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal, yang pertama
adalah untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik, misalnya menentukan
kapan saat yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk menarik pembeli. Ke
dua, perilaku konsumen dapat membantu pembuat keputusan membuat kebijakan
publik. Misalnya dengan mengetahui bahwa
konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat lebaran, pembuat keputusan
dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya tersebut. Aplikasi ke
tiga adalah dalam hal pemasaran sosial (social marketing), yaitu penyebaran ide
di antara konsumen. Dengan memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu,
seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif.
Terdapat
dua faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu faktor sosial
budaya yang terdiri atas kebudayaan, yaitu faktor sosial budaya yang terdiri
atas kebudayaan, budaya khusus, kelas sosial, kelompok sosial dan referensi
serta keluarga. Faktor lain adalah faktor psikologis yang terdiri atas
motivasi, persepsi, proses belajar, kepercayaan dan sikap. Selanjutnya perilaku
konsumen yang tadi sangat menentukan dalamp proses pengambilan keputusan
membali yang tahapnya dimulai dari pengenalan masalah yaitu berupa desakan yang
membangkitkan tindakan untuk memenuhu dan memuaskan kebutuhannya. Selanjutnya
tahap mencari informasi tentang produk dan jasa yang di butuhkan yang di
lanjutkan dengan tahap evaluasi alternative berupa penyeleksian. Tahap selanjutnya
adalah tahap keputusan pembelian dan diakhiri dengan perilaku sesudah pembelian
di mana membeli lagi atau tidak tergantung dari tingkat kepuasan yang didapat
dari produk atau jasa tersebut.
Ilmu
lain yang telah memberikan sumbangan pemikiran bagi studi perilaku konsumen
antara lain:
a. Sosiologi
: memberikan sumbangan dalam mempelajari kekuatan sosial yang mempengaruhi
konsumen, seperti konsep struktur sosial, keluarga, kelas sosial, etnis, gender
dan gaya hidup yang dapat mempengaruhi perilaku individu maupaun kelompok.
b. Antropologi
: Memahami fenomena konsumen ritual, mitos, symbol dan aspek budaya lainnya.
c. Ekonomi
: membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan
harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumen.
d. Psikiologi
: memahami proses psikiologi yang sifatnya belajar, sikap dan dinamika kelompok
yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen.
2. Siapa Sebenarnya Konsumen Itu dan Apa Saja Ciri-Ciri
Konsumen
Pengertian
Konsumen
Konsumen
adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam
masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun
makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Konsumen
adalah entitas yang mudah berubah, untuk itu diperlukan studi perilaku konsumen
agar segala gerak mereka bisa diantisipasi.
Ciri-ciri
konsumen :
1. Personal
Consumer
Konsumen
ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya
sendiri.
2. Organizational
Consumer
Konsumen
ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk
memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
3. Production
concept
Konsumen
pada umumnya lebih tertarik dengan produk-produk yang harganya lebih murah.
Mutlak diketahui bahwa objek marketing tersebut murah, produksi yang efisien
dan distribusi yang intensif.
4. Product
concept
Konsumen
akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas
yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.
5. Selling
concept
Marketer
memiliki tujuan utama yaitu menjual produk yang diputuskan secara sepihak untuk
diproduksi
6. Marketing
concept
Perusahaan
mengetahui keinginan konsumen melalui riset yang telah dilakukan sebelumnya, kemudian
memproduksi produk yang diinginkan konsumen. Konsep ini disebut marketing
concept.
7. Market
segmentation
Membagi
kelompok pasar yang heterogen ke kelompok pasar yang homogen.
8. Market
targeting
Memlih
satu atau lebih segmen yang mengidentifikasikan perusahaan untuk menentukan.
9. Positioning
Mengembangkan
pemikiran yang berbeda untuk barang dan jasa yang ada dalampikiran konsumen.
10. Kepuasan
pelanggan adalah persepsi individu dari performa produk atau jasa dalam
hubungannya dengan harapan-harapan.
3. Kekuatan utama dalam
mempertajam penelitian tentang konsumen
Membantu
mereka untuk mengetahui keinginan,
kebutuhan sekaligus dengan kepuasan konsumen dan Implikasi yang banyak
disarankan untuk menjadikan pemasaran berhasil adalah kenalilah konsumen anda,
berilah apa yang mereka inginkan, gunakan media yang menjadi sasaran dan media
baru, gunakan non-media, capailah konsumen di toko, tajamkan promosi, bekerja
sama dengan pengecer.
Sumber
:
Mowen, John C.(2002).PERILAKU KONSUMEN (Jilid 1 Edisi
Kelima).Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar